Penerapan Sistem Tol Laut Untuk Angkutan Umum

Mereka (Lion Air dan Garuda Indonesia) ingin bekerja sama untuk pemeliharaan pesawat Airbus 320 mereka, katanya. Menteri menambahkan bahwa pada bulan April, tahun ini, Airbus akan datang dengan proposal konkret tentang kerja sama dalam bisnis pemeliharaan pesawat di Bintan dan Batam. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menandatangani deklarasi MV Dorolonda mengenai program tol laut menjelang Hari Pers Nasional 2019.

Deklarasi tersebut, ditandatangani di atas kapal MV Dorolonda di Pelabuhan Tanjung Perak, di sini, Senin, berisi beberapa langkah yang harus diambil untuk meningkatkan program tol laut, yang diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015. Dari berbagai tindakan, yang pertama mendesak berbagai pihak untuk terlibat dalam moda transportasi ini untuk mendukung digitalisasi segera proses dan sistem transportasi laut, sehingga dapat lebih efektif, efisien, dan transparan.

Kedua, dipandang perlu untuk menyebarluaskan informasi tentang program tol laut kepada publik melalui metode yang lebih kreatif dan inovatif. Ketiga, penting untuk meningkatkan kualitas layanan pelabuhan dan mengurangi tarif untuk bongkar muat barang di pelabuhan. Keempat adalah melakukan pemetaan ulang dan melanjutkan konsep tol laut di masa depan dengan melibatkan semua pihak, termasuk sektor swasta dan pemerintah daerah, melalui tol laut.

Artikel favorit: Harga Rental Murah Bali.

Kelima meminta agar penerapan sistem tol laut mempertimbangkan dan untuk memasukkan angkutan umum yang ada, sehingga mereka menjadi bagian integral dari simpul tol laut. Keenam adalah mengharapkan konsistensi dan kontinuitas dalam pengembangan transportasi laut di Indonesia, sehingga dapat memberikan kepastian bisnis di sektor transportasi laut.

Pemerintahan Jokowi telah mengembangkan tol laut untuk memastikan kelancaran pasokan barang di daerah-daerah terpencil dan untuk menurunkan harga komoditas dan barang di daerah-daerah terluar. Singapura tetap menjadi pasar utama untuk timah Bangka Belitung, membeli 25,63 persen dari ekspor timah provinsi itu tahun lalu, menurut kantor setempat Badan Pusat Statistik (BPS).

Artikel favorit: Jasa Sewa Mobil Murah di Bali Lepas Kunci.

Ekspor timah ke Singapura pada tahun 2018 adalah 21,71 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya, Kepala Kantor BPS di Provinsi Bangka Belitung Darwis Sitorus mengatakan di sini pada hari Minggu. Singapura termasuk di antara lima pembeli utama timah Bangka Belitung selain Jepang, Belanda, Korea Selatan, dan India. Secara total, ekspor timah ke lima negara menyumbang 75,51 persen dari keseluruhan ekspor timah, katanya.

Secara bulanan, ekspor provinsi itu pada Desember 2018 anjlok 38,43 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2017, dengan nilai ekspor timah turun 32,61 persen, katanya. Ekspor komoditas selain timah juga turun 51,24 persen, sehingga nilai ekspor pada Desember 2018 menjadi US $ 112,9 juta (dibandingkan dengan US $ 183,3 juta pada bulan yang sama tahun 2017), katanya.

Artikel favorit: Rental Mobil di Bali Pilihan Sesuai Selera.

Namun, dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ekspor pada Desember 2018 naik 13,97 persen, dengan ekspor timah naik 81,22 persen setelah izin surveyor timah dibekukan sebulan sebelumnya. Sementara itu, ekspor komoditas selain timah turun 46,50 persen pada Desember 2018 menjadi US $ 27,9 juta dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Lebih dari 15,81 juta wisatawan mengunjungi Indonesia tahun lalu, naik 12,58 persen dari 14,04 juta setahun sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Pada Desember 2018 saja, jumlah wisatawan yang mengunjungi Indonesia adalah 1,41 juta, meningkat 22,5 persen dari 1,15 juta pada Desember 2017, katanya dalam pernyataan tertulis yang dirilis pada hari Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *