Pasar Obligasi Tetap Menarik Bagi Asing Ke Indonesia

Hari ini, BI akan memutuskan kebijakan 7Day Reverse Repo Rate pada Rapat Dewan Gubernur hari Kamis ini, dengan kemungkinan mempertahankan kebijakan suku bunga acuan 7DRR pada enam persen, Soelistianingsih mencatat. Dia menunjuk kondisi makro yang relatif masih terjaga, seperti tingkat inflasi yang tetap rendah dan juga mencatat deflasi pada Februari 2019, pergerakan rupiah yang relatif stabil, dengan volatilitas yang rendah, dan data lain yang cenderung tetap stabil, meskipun transaksi yang sedang berlangsung masih luas.

Menurut Soelistianingsih, dengan kebijakan suku bunga tetap, BI juga memperhitungkan tingkat bunga Indonesia dan AS, terutama untuk memastikan bahwa pasar obligasi tetap menarik dalam upaya menarik bagi asing ke Indonesia. Kami berharap bahwa BI akan cenderung mempertahankan suku bunga acuan ini pada tahun 2019, kata Soelistianingsih.

Bursa regional Asia termasuk Indeks Hang Seng naik 66,96 poin, atau 0,23 persen, menjadi 29.387,93 dan Straits Times turun 0,19 poin, atau 0,01 persen, menjadi 3.207,47. Nilai tukar rupiah diperdagangkan selama transaksi antar bank di Jakarta, Kamis pagi, menguat sejalan dengan kebijakan Bank Sentral AS, Federal Reserve (Fed), untuk menjaga suku bunganya stabil.

Nilai tukar rupiah menguat 94 poin menjadi Rp14.094 per dolar AS, dibandingkan dengan posisi sebelumnya Rp14.188 per dolar AS. Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih menyatakan di Jakarta pada hari Kamis bahwa selain memutuskan untuk mempertahankan Fed Fund Rate di kisaran 2,25-2,5 persen, The Fed juga menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi AS menjadi 2,1 persen, dari perkiraan sebelumnya 2,3 persen dan menjadi 1,9 persen, dari dua persen untuk tahun 2020.

Proyeksi ini juga merupakan referensi untuk The Fed, yang kemungkinan akan mempertahankan suku bunga selama 2019 di level saat ini, dengan potensi untuk menurun pada tahun 2020 dan 2021, kata Soelistianingsih.

Berbagai Rujukan: Bisnis Rental Murah Kampung Pare.

The Fed juga menaikkan perkiraan tingkat pengangguran untuk 2019, dari 3,5 persen menjadi 3,7 persen, dan untuk 2020, dari 3,6 persen menjadi 3,8 persen, dan untuk 2021, dari 3,8 persen menjadi 3,9 persen.

Proyeksi melambatnya pertumbuhan ekonomi The Fed dan meningkatnya tingkat pengangguran merupakan indikasi perlambatan ekonomi AS, meskipun tidak dapat dikatakan sebagai resesi, yang menurut definisi menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi juga menurun secara negatif pada fase depresi, resesi yang dalam. , Catat Soelistianingsih.

Lana memperkirakan bahwa rupiah saat ini akan bergerak lebih rendah untuk berada di kisaran Rp14.150 hingga Rp.14.180 per dolar AS. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada hari Rabu menunjukkan bahwa rupiah menguat menjadi Rp14.102 per dolar AS dibandingkan dengan Rp14.231 per dolar AS pada hari sebelumnya.

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mendesak pemerintah untuk segera mengakhiri sengketa ekspor kelapa sawit dengan Uni Eropa dengan terus aktif melakukan diplomasi di setiap negara di kawasan tersebut.

Peran negara, kebijakan luar negeri kita, politik perdagangan kita di luar negeri harus menjadi pembicaraan proaktif, kata Edhy Prabowo dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu. Edhy mengatakan bahwa banyak negara lain telah menggunakan Indonesia sebagai pasar mereka, tetapi seolah-olah Indonesia tidak memiliki keuntungan.

Politisi Gerindra menyatakan harapan bahwa negara itu akan hadir dalam bentuk lobi politik atau upaya diplomasi untuk menunjukkan kedaulatan negara Indonesia di bidang ekonomi perdagangan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *