GOR 9,5 Miliar Diserahkan

Gelanggang Olahraga (GOR) Mampis Rungan yang dibangun megah dengan biaya Rp 9,5 miliar diserahterimakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Jumat, (20/5) di Sumbawa Besar. Turut diserahterimakan juga bantuan ruang laboratorium bahasa untuk SMAN 1 Sumbawa senilai Rp 599 juta dan ruang bengkel untuk SMKN 2 Sumbawa senilai Rp 435 juta.

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik mengatakan, pembangunan GOR Mampis Rungan merupakan salah satu skala prioritas pembangunan Sumbawa sesuai dengan kebutuhan. “Kami berharap nantinya infrastruktur di Sumbawa ini bisa setara dengan daerah lainnya termasuk dalam prasarana olahraga,” katanya.

Arif Perdanakusumah, Manajer Senior Hubungan Eksternal PTNNT seusai acara penyerahan kepada Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, menyatakan kegembiraannya atas selesainya proyek ini. “Alhamdulillah proyek ini telah selesai dengan baik sehingga gelanggang olahraga yang telah lama dirindukan masyarakat Kabupaten Sumbawa ini bisa segera dimanfaatkan. Dengan fasilitas olah raga dalam ruangan ini, semoga prestasi olahraga Kabupaten Sumbawa semakin maju,” kata Arif Perdanakusumah.

Ketiga proyek infrastruktur ini dibangun atas kerjasama PTNNT dengan Pemkab Sumbawa dengan dana pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dari PTNNT. Kabupaten Sumbawa mendapatkan alokasi Rp 70,4 miliar atau 20 persen dari total dana Rp 352,07 miliar atau US$38 juta. Sisa 80 persen adalah untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Sumbawa Barat masing-masing Rp 140,8 miliar.

GOR Mampis Rungan yang terletak di Kelurahan Brangbiji, Sumbawa Besar ini bisa dipakai untuk olahraga bulutangkis, bola voli, tenis lapangan maupun bola basket. Tribun gedung ini bisa menampung 400 penonton dengan sarana pendukung yang memadai.

“Saat ini kami tengah memulai pembangunan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumbawa dengan anggaran Rp 28,8 miliar. Gedung ini direncanakan selesai pada Oktober 2011 mendatang,” jelas Arif.

PTNNT mengoperasikan tambang tembaga dan emas di Batu Hijau sejak 2000 lalu, dan pada 11 Mei 2011 telah menandatangani kesepahaman bersama (MoU) dengan Pemda Sumbawa untuk memulai pelaksanaan eksplorasi di wilayah Kontrak Karya PTNNT di Kabupaten Sumbawa. Dalam operasinya PTNNT menerapkan nilai yang dianut untuk menjadi yang terdepan dalam keselamatan kerja, perlindungan lindungan dan tanggungjawab sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *