Camat Mataram Optimistis Jadi Pemenang Lomba Kebersihan

Kecamatan Mataram yang memiliki 9 kelurahan dengan 55 lingkungan menyatakan optimis menjadi pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Kota Mataram. Menurutnya, dalam Lomba Kebersihan Lingkungan tahun 2011 ini pihaknya mengajukan tiga lingkungan yang akan mewakili Kecamatan Mataram pada tingkat Kota Mataram. Tiga lingkungan tersebut adalah, Lingkungan Karang Timbal di Kelurahan Punie, Lingkungan Sukedane di Kelurahan Pagutan dan Lingkungan Karang Genteng di Kelurahan Pagutan.

“Terpilihnya tiga lingkungan ini karena berdasarkan hasil seleksi tingkat kelurahan, terbukti memiliki sistem kemasyarakatan salah satunya penanganan sampah dan kebersihan lingkungan sangat kompak, baik di kalangan remaja masjid, banjar maupun orangtua,” bebernya.

Sementara di tingkat kecamatan, proram-program masyarakat dalam upaya-upaya menjaga kebersihan lingkungan dan persampahan tersebut terus didukung. Bahkan pihak kecamatan telah mencanangkan program wajib Sabtu Bersatu dalam bentuk gotong royong yang dievaluasi per triwulan. “Selain melakukan kebersihan lingkungan, dalam gotong royong juga dilakukan penanaman pohon sekaligus untuk penataan kota,” terangnya.

Dia menilai, kegiatan gotong royong tidak hanya menjadi ajang melakukan kebersihan lingkungan, melainkan juga menjadi ajang silaturahmi, karena gotong royong melibatkan semua unsur masyarakat, aparat kelurahan dan kecamatan.

Di tempat yang sama Zainal Abidin salah satu tim penilai Lomba Kebersihan menagatakan, beberapa aspek penilaian meliputi, aspek kebersihan fisik lingkungan, peran serta masyarakat, managemen kebersihan lingkungan, kesadaran membayar retribusi dan aspek prasarana dan sarana kebersihan.

Menurutnya, penilaian lomba kebersihan lingkungan ini akan berlangsung selama sepekan pada enam kecamatan di Kota Mataram. “Lingkungan yang dinyatakan lolos seleksi berhak akan menjadi wakil masing-masing kecamatan untuk mengikuti lomba tingkat Kota Mataram,” ujarnya. Lomba kebersihan lingkungan ini, tambahnya lagi, bertujuan untuk membangun pemahaman masyarakat bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

Selain itu menumbuhkan kesadaran dan partisipasi kelompok dan masyarakat untuk menangani masalah persampahan. Sekaligus mengentaskan sebanyak mungkin lingkungan yang ada di Kota Mataram agar terjaga kebersihan dan keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *